Alamat Sekolah : Jln.Sayuran No 39 Desa Mekarmukti Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat

Email : smkn1cihampelas@yahoo.com

No. Telp

022-86861732

-6.9334

107.4616

07:00 - 15:00

Senin - Jum'at

No. Telp

022-86861732

-6.933228

107.461528

07:00 - 15:30

Senin - Jum'at

FAQ / Tanya Jawab PKL 2020/2021

Pertanyaan : Mengapa rapat dilaksanakan via online tidak offline secara langsung disekolah?

Jawaban : Berdasarkan Instruksi Pemerintah berkaitan dengan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali, Mohon maaf ibu & bapak bukannya kami tidak mau memfasilitasi rapat secara langsung, tapi sangat tidak memungkinkan sekali apabila rapat dilaksanakan secara offline karena mungkin akan ada 450 orangtua siswa dari 5 Kompetensi Keahlian yang datang rapat dan secara aturan sudah melanggar aturan PPKM yang di programkan pemerintah, maka dari itu kepala sekolah tidak memberikan izin serta mengikuti peraturan pemerintah untuk tidak adanya kerumunan disekolah karena hal tersebut jika terjadi maka sekolah akan dikenakan SP (Surat Peringatan) bahkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Sesuai Undang-undang yang berlaku.

 

Pertanyaan : Kapan PKL dilaksanakan?
Jawaban : PKL dilaksanakan bulan Maret-Mei 2021 dengan mode daring & 2-3 kali pertemuan luring, sesuai dengan ketentuan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, serta di sesuaikan dengan kebutuhan Iduka.

 

Pertanyaan : Bagaimana Sistem PKL Online itu?
Jawaban : Pelatihan kerja lapangan, Praktik kerja lapangan, on-the- job training atau biasa disebut dengan PKL adalah salah satu bentuk kegiatan yang bertempat di lingkungan kerja langsung. PKL bisa dilakukan oleh murid SMA/SMK, mahasiswa maupun karyawan baru. Di tingkat mahasiswa, PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Sistem PKL online itu dalam satu bulan diadakan 1 minggu bimbingan bersama instansi/industri, dan 2 minggu diadakan penugasan oleh instansi/industri. Jadi setiap bulannya pola PKL online seperti itu. Kegiatan PKL dengan melakukan PKL secara online dari rumah masing-masing siswa.

  • Perusahaan mengarahkan untuk online
  • Siswa Bekerja/PKL di rumah mengerjakan pekerjaan secara jarak jauh
  • Pembuatan alat atau pemanfaatan teknologi

 

Pertanyaan : Berapa biaya PKL tahun ini?
Jawaban : karena PKL tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, maka PKL biaya PKL tahun ini sebesar Rp. 320.000/Siswa (dilampirkan dalam rincian) sangat berbeda dengan tahun lalu yaitu berkisar lebih dari Rp. 600.000/Siswa

 

Pertanyaan : Kapan batas akhir pembayaran PKL?
Jawaban : Batas pembayaran akhir yaitu tanggal 28 Februari 2021, silahkan bapak dan ibu bisa membayarkan langsung ke bendahara sekolah + akan menerima kwitansi pembayaran.

 

Pertanyaan : Apakah biaya KI bisa dipakai untuk pembiayaan PKL?
Jawaban : Mohon maaf ibu & bapak hal tersebut tidak bisa dilakukan, karena PKL dan KI merupakan program yang berbeda dan kedua program tersebut akan dilaksanakan. Hanya saja untuk KI kita bisa laksanakan setelah pandemi.

 

Pertanyaan : Bapak/Ibu wali murid yang belum paham mengenai rapat online kali ini, banyak yang ingin saya tanyakan.
Jawaban : Silahkan bagi yang masih ada pertanyaan yg akan diajukan bisa datang langsung ke sekolah untuk berkonsultasi (sebelumnya diagendakan terlebih dahulu waktunya oleh wali kelas & pihak Hubin/Komite)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *