Alamat Sekolah : Jln.Sayuran No 39 Desa Mekarmukti Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat

No. Telp

022-86861732

-6.9334

107.4616

07:00 - 15:00

Senin - Jum'at

No. Telp

022-86861732

-6.933228

107.461528

07:00 - 15:30

Senin - Jum'at

Kompetensi Keahlian TPTU, menjadi Juara 1 LKS SMK Bidang Lomba Refrigeration and Air Conditioning Tingkat Jawa Barat

Sebanyak 1.118 siswa dan pembimbing akan berpartisipasi dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang berlangsung pada 18 s. d. 23 Juli 2022. Juara 1 dari 35 bidang lomba tersebut akan mewakili Jabar pada LKS tingkat nasional.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dedi Supandi optimis pemenang LKS di tingkat provinsi akan mengharumkan nama Jabar di tingkat nasional. “Sebab, tahun-tahun sebelumnya, baik saat di NTB maupun Yogyakarta, siswa perwakilan Jabar selalu menorehkan emas di tingkat nasional,” ujar Kadisdik dalam pembukaan LKS Jabar di SMKN 3 Bandung, Kota Bandung, Senin (18/7/2022).

Kadisdik menilai, LKS merupakan wadah bagi para siswa untuk menunjukkan kemampuannya. “Sehingga, ini bisa dijadikan uji kualitas kemampuan bagi pendidik. Bisa jadi tolok ukur dan menguji efektivitas proses pembelajaran,” tuturnya.

Digelar Daring di 32 Sekolah

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar, Edy Purwanto menjelaskan, LKS tingkat provinsi dilaksanakan secara daring yang tersebar di 27 kabupaten/kota dengan 32 sekolah penyelenggara. Karena sifatnya daring maka tiap kabupaten/kota disiapkan jadi penyelenggara agar bisa merasakan jadi penyelenggara.

“Dilaksanakan daring sebab hal tersebut merupakan instruksi pemerintah pusat. Baru tahun depan insya Allah luring,” terang Edy.

Edy memastikan, semua juara 1, 2, dan 3 di tiap bidang lomba akan mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan.

Meski dibuka pada 18 Juli, lanjutnya, beberapa perlombaan telah dilakukan sebelumnya. “Pelaksanaan LKS tahun ini didukung 63 dunia usaha dunia industri yang terlibat menjadi juri di berbagai bidang lomba,” imbuhnya.

Salah satu peserta LKS Jabar, Revillia Choeruni Yuzka mengaku sudah melakukan persiapan matang, salah satunya menyiapkan mental. “Guru sangat berperan dalam membimbing saya untuk mengerti materi yang dilombakan dan melatih mental saya,” ungkap siswa SMKN 7 Bandung tersebut.

Namun, siswa yang mengikuti bidang lomba farmasi tersebut tak menjadikan juara sebagai target. “Targetnya bukan juara, semoga dilancarkan semua prosesnya,” tutup siswa kelas XII kompetensi keahlian farmasi klinis dan komunitas ini.

 

Di SMKN 1 Cihampelas, 2 Kompetensi Keahlian mengikuti Kegiatan LKS SMK Tingkat Provinsi:
1. Teknik Pendinginan dan Tata Udara, bertindak sebagai tuan rumah dan juga peserta kegiatan LKS SMK Bidang Lomba Refrigeration and Air Conditioning.
Alhamdulillah Siswa TPTU atas nama Muhamad Kodir menjadi juara 1 LKS SMK Bidang Lomba Refrigeration and Air Conditioning Tingkat Jawa Barat, dan berhak melaju ke babak selanjut nya yaitu Tingkat Nasional.

Muhamad Kodir (Siswa TPTU)

Muhamad Kodir (Siswa TPTU)

2. Teknik Instalasi Tenaga Listrik, bertindak sebagai peserta kegiatan LKS SMK Bidang Lomba Electrical Installation.
Alhamdulillah Siswa TITL atas nama Aris Nurrohman mendapatkan peringkat ke 9 LKS SMK Bidang Lomba Electrical Installation Tingkat Jawa Barat, dari total peserta LKS 19 siswa.

Aris Nurrohman (Siswa TITL)

Aris Nurrohman (Siswa TITL)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti yang disampaikan Kepala SMKN 1 Cihampelas KBB Drs. Daud Saleh, M.M., bahwa prestasi yang membanggakan ini sangat diapresiasi karena telah mengharumkan nama SMKN 1 Cihampelas, juga mengharumkan Kabupaten Bandung Barat dan Jawa Barat pada umumnya.

Prestasi membanggakan ini bukan sebagai sesuatu yang instan, tetapi merupakan hasil yang diraih dengan melewati suatu proses panjang dengan ulet, sabar serta kerja keras. Drs. Daud Saleh, M.M pun mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah membimbing dengan sabar serta mempersiapkan siswa SMKN 1 Cihampelas sehingga bisa meraih prestasi seperti sekarang ini.

Kepala SMKN 1 Cihampelas (Drs. Daud Saleh, M.M)

Kepala SMKN 1 Cihampelas (Drs. Daud Saleh, M.M)

Dengan raihan prestasi LKS di tingkat Jawa Barat ini, Drs. Daud Saleh, M.M menyampaikan pesan pada Muhamad Kodir untuk tidak berpuas diri, tetapi harus menjadi pemacu guna meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Selain itu prestasi Muhamad Kodir semoga menjadikan semangat dan stimulus bagi siswa lainnya, untuk terus lebih giat lagi belajar dan terus mengasah diri. Buatlah kebanggaan bagi orang tua, keluarga, masyarakat dan negara dengan sebuah prestasi yang membanggakan.
Pesan untuk Aris Nurrohman tetap semangat, dan belajar lebih giat lagi.
Semoga ke depan nya semua Kompetensi Keahlian di SMKN 1 Cihampelas bisa lebih berprestasi dan mengharumkan nama SMKN 1 Cihampelas.

Sumber:
https://disdik.jabarprov.go.id/#/informasi/berita/education/detail/lks-tingkat-jabar-dimulai
IG @smkn1cihampelas
https://sambasnews.id/mantap-siswa-smkn-1-cihampelas-kbb-wakili-jabar-di-lks-tingkat-nasional/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *